Sebelum
masuk kedalam hubungan antara manajemen dan
tata kerja, kita akan mereview
kembali apa yang dimaksud dengan manajemen.
Manajemen
adalah suatu
seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen secara universal belum memiliki
definisi yang tepat dan dapat diterima. Mary Parker Follet mendefinisikan
manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya
seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai
tujuan organisasi.
Tata Kerja
adalah cara dimana yang bertujuan untuk mencapai
tingkat efisien dan maksimal dengan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan
benar dan berhasil sesuai dengan apa yang telah direncanakan atau bahasa yang
lebih sederhananya adalah suatu cara agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia
dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat
dilaksanakan dengan tepat.
Kedua hal ini, manajemen maupun tata kerja adalah
faktor utama dalam mencapai target. Dengan adanya manajemen yang terorganisir
dan tata kerja yang terencana dengan baik maka akan memudahkan penyelesaian dari
suatu pekerjaan sesuai target yang ditetapkan.
Sumber:
1.
Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi.
Jakarta: Salemba Humanika
Komentar
Posting Komentar