Langsung ke konten utama

Hubungan antara Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja


            Sebelumnya kita sudah pernah membahas pengertian dari Organisasi, Manajemen dan juga Tata Kerja. Sekarang pembahasan ini kita khususkan tentang hubungan diantara organisasi, manajemen dan juga tata kerja.

Organisasi dan Manajemen
            Organisasi dan Manajemen memiliki hubungan yang erat karena untuk mencapai suatu tujuan dibutuhkan kerja sama tim. Contohnya disuatu Software House seorang Project Manager memimpin 5 orang programmer, 1 orang di bagian design grafis, 2 orang pertama di bagian front-end dan 2 orang terakhir di bagian back-end. Kelompok di dalam contoh tersebut disebut organisasi dan yang dilakukan oleh seorang Project Manager tersebut adalah manajemen.

Manajemen dan Tata Kerja
            Manajemen dan Tata Kerja membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih teratur. Dengan adanya tata kerja sebuah sistem manajemen akan menjadi lebih yang akan berdampak dengan hasil akhir yang akan didapat. Dengan catatan, tata kerja harus dibuat terstruktur dan sejelas mungkin agar para pelaku dapat memahami tata kerja tersebut.

            Dengan adanya tata kerja maka akan mempermudah dan memperjelas manajemen dalam mengatur sebuah organisasi, maka dari itu organisasi, manajemen dan tata Kerja adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya..


Sumber:

  1. Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika
  2. http://elvanrafif.blogspot.com/2014/10/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
  3. http://taufikmaulanaa.blogspot.com/2014/10/manajemen-tata-kerja-dan-organisasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar      Untuk menjawab dan memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan maka lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu: Ilmu-ilmu Alamiah (natural science) . Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Ilmu-ilmu sosial (social science) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan...

Budaya, Inovasi dan Kreativitas

Pengertian dan Fungsi Budaya Organisasi Pengertian Budaya Organisasi Dalam buku Handbook of Human Resource Management Practice oleh Michael Armstrong pada tahun 2009, budaya organisasi atau budaya perusahaan adalah nilai, norma, keyakinan, sikap dan asumsi yang merupakan bentuk bagaimana orang-orang dalam organisasi berperilaku dan melakukan sesuatu hal yang bisa dilakukan. Fungsi Budaya Organisasi 1. Budaya mempunyai peranan pembeda atau tapa batas, artinya budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan yang lain. 2. Budaya memberikan rasa identitas ke anggota-anggota organisasi. 3. Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri pribadi seseorang. 4. Budaya itu meningkatkan kemantapan sistem sosial. Tipologi Budaya Organisasi Beranjak dari aneka definisi, lapisan, dan perspektif dalam memandang budaya organisasi, maka muncul aneka ragam tipologi budaya organisasi. Tujuan tipologi ini menunjukkan a...

Pemanfaatan ICT di Bidang Transportasi

            Menurut Wikipedia, ICT (Information and Communication Technologies) merupakan sebuah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.             ICT itu sendiri mencakup dua aspek yaitu information technology dan communication technology. Information technology meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan communication technology adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, information technology dan communication technology adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.             Jadi Information and Communication Technology mengandung pengertian luas yait...