Langsung ke konten utama

E-Sport Sudah Mulai Menunjukan Eksistensinya

            Jenis-jenis dari olahraga akan selalu bertambah sejajar dengan perkembangan teknologi. Contohnya dulu ada olahraga yaitu pacuan kuda. Dengan berjalannya waktu dan teknologi yang semakin berkembang munculah cabang olahraga baru yaitu F1 dan MotoGP, begitu juga dengan kejadian yang terjadi saat ini. Dengan pengembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini munculah suatu cabang olahraga yang disebut e-sport.

            E-sport adalah olahraga digital atau lebih banyak dikenal dengan olahraga gaming. Kebanyakan orang meremehkan dan membuat stigma bahwa e-sport hanyalah game belaka dan tidak bisa dijadikan sebuah pekerjaan walaupun banyak turnamen-turnamen e-sport yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Mungkin e-sport dipandang sebelah mata karena hadiahnya yang masih kecil dengan kisaran prize pool sebesar $100 sampai $5000, mungkin prize pool sebesar itu belum bisa dianggap dianggap menjadi sebuah olahraga profesional.
            Pada tahun 2011 mulai terjadi sebuah gebrakan besar di dunia e-sport. Salah satu perusahaan game yaitu Valve membuat sebuah turnamen dari game Dota2 dengan prize pool $1,6 juta, dengan hadiah $1 juta untuk pemenangnya. E-sport yang awalnya tidak pernah dipandang oleh dunia tiba-tiba menjadi buah bibir di seluruh dunia. Tidak berhenti di tahun itu saja, angka prize pool dari turnamen e-sport Dota2 yang dibuat oleh Valve terus membesar hingga di tahun 2015 ini prize pool dari turnamen e-sport menyentuh angka $10 juta, lebih tepatnya $18,4 juta. Dengan jenjang waktu 5 tahun kenaikan prize pool tersebut naik hingga 1000%! Dengan melihat prospek yang sangat menjanjikan tersebut, banyak perusahaan-perusahaan yang mulai melirik dan memberikan dukungan untuk memajukan e-sport. Terima kasih atas gebrakan dan lirikan dari banyak perusahaan-perusahaan, game lain seperti FIFA, Counter Strike Global Offensive dan lain sebagainya juga mulai dilihat oleh dunia.
            Tidak hanya dari hadiah turnamen dan uang sponsor yang menjadi pemasukan atlet e-sport, namun pembelian seorang atlet e-sport dan gaji perbulan sudah menjadi hal yang lumrah pada kala ini. Bahkan ada atlet e-sport yang harga pembeliannya mencapai $320 ribu.
            Mungkin dimasa depan atlet-atlet e-sport bisa di sejajarkan dengan atlet-atlet olahraga yang sudah ada seperti atlet sepak bola.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar      Untuk menjawab dan memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan maka lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu: Ilmu-ilmu Alamiah (natural science) . Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Ilmu-ilmu sosial (social science) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan...

Budaya, Inovasi dan Kreativitas

Pengertian dan Fungsi Budaya Organisasi Pengertian Budaya Organisasi Dalam buku Handbook of Human Resource Management Practice oleh Michael Armstrong pada tahun 2009, budaya organisasi atau budaya perusahaan adalah nilai, norma, keyakinan, sikap dan asumsi yang merupakan bentuk bagaimana orang-orang dalam organisasi berperilaku dan melakukan sesuatu hal yang bisa dilakukan. Fungsi Budaya Organisasi 1. Budaya mempunyai peranan pembeda atau tapa batas, artinya budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan yang lain. 2. Budaya memberikan rasa identitas ke anggota-anggota organisasi. 3. Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri pribadi seseorang. 4. Budaya itu meningkatkan kemantapan sistem sosial. Tipologi Budaya Organisasi Beranjak dari aneka definisi, lapisan, dan perspektif dalam memandang budaya organisasi, maka muncul aneka ragam tipologi budaya organisasi. Tujuan tipologi ini menunjukkan a...

Pemanfaatan ICT di Bidang Transportasi

            Menurut Wikipedia, ICT (Information and Communication Technologies) merupakan sebuah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.             ICT itu sendiri mencakup dua aspek yaitu information technology dan communication technology. Information technology meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan communication technology adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, information technology dan communication technology adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.             Jadi Information and Communication Technology mengandung pengertian luas yait...