Information Technology Service Management (ITSM) merupakan istilah dari cara pengolahan layanan pada suatu perusahaan dengan bantuan teknologi infomasi. Contoh: penjualan OS windows 10 yang sekarang sedang naik daun bukan berfokus pada pembuatan perangkat lunaknya itu sendiri, melainkan berfokus pada banyak faktor seperti iklan komersial, kemudahan untuk mendapatkan OS itu dengan cara pengiriman ke banyak supplier, customer after buy service dan masih banyak lagi.
ITSM merupakan konsep dari suatu
proses, bukan suatu objek/istilah yang digunakan untuk menyetandarkan suatu
perusahaan. Bila kita berbicara tentang standarisasi konsep ITSM maka kita akan
menemukan banyak stadarisasi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya
masing-masing, seperti ITIL, eSCM-SP, COBIT, ISO 9000 dan lain-lain.
Untuk menjelaskan ITSM dengan
gambaran yang lebih mudah, saya akan mengutip theorama dari Ivanka Menken yang
dituliskan di andgaa.web.id yang menerangkan bahwa IT Service Management
memiliki 4 perpektif atau attribute yaitu:
1.
Partner/Supplier
Perspektif dari partners/supplier memperhitungkan
pentingnya mitra dan hubungan dengan supplier(pemasuk eksternal) demi membangun
kontribusi yang positif.
2.
People
Perspektif people berkaitan dengan bagaimana
mengelola sumber daya manusia seperti staf TI, pelanggan dan stakeholder
lainnya guna memenuhi kebutuhan layanan TI.
3.
Product/Technology
Perspektif product/technology fokus pada
memperhitungkan teknologi yang digunakan, perangkat keras & perangkat
lunak, anggaran dan infrastruktur layanan TI.
4. Process
Perspektif process berkaitan dengan menjaga proses
layanan agar dapat disampaikan kepada pengguna sesuai dengan aliran proses yang
telah direncanakan sehingga dapat memuaskan pelanggan.
Jadi kesimpulannya,
ITSM adalah konsep suatu perusahaan untuk memberikan kepuasan layanan dengan
bantuan Teknologi Informasi yang akan menguntungkan didalam segi biaya,
efektifitas proses dan juga kejelasan peran dari setiap orang yang ikut ambil
andil dalam proses ITSM ini. Ditambah lagi selain perusahaan yang mendapatkan
keuntungan sang customer juga akan
mendapatkan kepuasan pada kemudahaan dari layanan perusahaan dengan ITSM
tersebut.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar