Langsung ke konten utama

IT Service Management

Information Technology Service Management (ITSM) merupakan istilah dari cara pengolahan layanan pada suatu perusahaan dengan bantuan teknologi infomasi. Contoh: penjualan OS windows 10 yang sekarang sedang naik daun bukan berfokus pada pembuatan perangkat lunaknya itu sendiri, melainkan berfokus pada banyak faktor seperti iklan komersial, kemudahan untuk mendapatkan OS itu dengan cara pengiriman ke banyak supplier, customer after buy service dan masih banyak lagi.
            ITSM merupakan konsep dari suatu proses, bukan suatu objek/istilah yang digunakan untuk menyetandarkan suatu perusahaan. Bila kita berbicara tentang standarisasi konsep ITSM maka kita akan menemukan banyak stadarisasi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti ITIL, eSCM-SP, COBIT, ISO 9000 dan lain-lain.
            Untuk menjelaskan ITSM dengan gambaran yang lebih mudah, saya akan mengutip theorama dari Ivanka Menken yang dituliskan di andgaa.web.id yang menerangkan bahwa IT Service Management memiliki 4 perpektif atau attribute yaitu:
1.      Partner/Supplier
Perspektif dari partners/supplier memperhitungkan pentingnya mitra dan hubungan dengan supplier(pemasuk eksternal) demi membangun kontribusi yang positif.

2.      People
Perspektif people berkaitan dengan bagaimana mengelola sumber daya manusia seperti staf TI, pelanggan dan stakeholder lainnya guna memenuhi kebutuhan layanan TI.

3.      Product/Technology
Perspektif product/technology fokus pada memperhitungkan teknologi yang digunakan, perangkat keras & perangkat lunak, anggaran dan infrastruktur layanan TI.

4.      Process
Perspektif process berkaitan dengan menjaga proses layanan agar dapat disampaikan kepada pengguna sesuai dengan aliran proses yang telah direncanakan sehingga dapat memuaskan pelanggan.

Jadi kesimpulannya, ITSM adalah konsep suatu perusahaan untuk memberikan kepuasan layanan dengan bantuan Teknologi Informasi yang akan menguntungkan didalam segi biaya, efektifitas proses dan juga kejelasan peran dari setiap orang yang ikut ambil andil dalam proses ITSM ini. Ditambah lagi selain perusahaan yang mendapatkan keuntungan sang customer juga akan mendapatkan kepuasan pada kemudahaan dari layanan perusahaan dengan ITSM tersebut. 



Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu Sosial Dasar      Untuk menjawab dan memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan maka lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu: Ilmu-ilmu Alamiah (natural science) . Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Ilmu-ilmu sosial (social science) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan

Pemanfaatan ICT di Bidang Transportasi

            Menurut Wikipedia, ICT (Information and Communication Technologies) merupakan sebuah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.             ICT itu sendiri mencakup dua aspek yaitu information technology dan communication technology. Information technology meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan communication technology adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, information technology dan communication technology adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.             Jadi Information and Communication Technology mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah ICT muncul setelah adanya perpaduan antara tekn

Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Pengertian Perubahan Organisasi             Perubahan organisasi adalah suatu variasi dari cara-cara yang telah mapan, yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan dipergunakan serta dtaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya dan berbeda dari apa yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi.             Perubahan organisasi adalah kegiatan episodic , artinya perubahan dimulai pada satu titik, berlanjut melalui serangkaian tahap, dan mencapai puncaknya dalam hasil yang diharapkan oleh mereka yang terlibat berupa perbaikan dari titik awal. Perubahan memiliki permulaan, pertengahan dan akhir.             Perubahan organisasi atau pembaharuan organisasi ( organizational change ) didefinisikan sebagai pengadopsian ide-ide atau perilaku baru oleh sebuah organisasi. Organisasi dirancang untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan melalui pembaharuan dam pengembangan internal.             Perubahan organisasi dicirikan dengan berbagai usaha peny